Layanan

Kesejahteraan Mahasiswa (Bimbingan Konseling dan Pelayanan Kesehatan).

Mahasiswa Magister Ilmu Tanah dapat memperoleh layanan konseling dari psikolog kampus profesional mengenai perwalian, pribadi, dan masalah akademik dari Pusat Konseling Universitas Padjadjaran (PKUP) di kampus Jatinangor.

Selain layanan konseling, mahasiswa juga dapat mengakses berbagai layanan kesehatan yang disediakan oleh Universitas. Seluruh mahasiswa berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dasar gratis dan bersubsidi dari Unit Kesehatan Unpad di kampus Jatinangor dan Dipatiukur, Perawatan gigi dari RS Gigi Unpad di kampus Sekeloa, dan konseling psikologis dari Pusat Inovasi Psikologi Unpad di Dago, Bandung.

Beasiswa

Informasi mengenai beasiswa dapat diperoleh melalui Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (Gedung Rektorat Unpad) atau melalui https://www.unpad.ac.id/information-beasiswa/. Unpad juga mengeluarkan Peraturan Rektor No. 27 Tahun 2016 yang dapat dijadikan dasar pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial..

Bimbingan Karir

Bimbingan karir dan kewirausahaan tersedia di Career Development Center Unpad baik secara online di http://cdc.unpad.ac.id maupun offline di Kantor CDC di Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor. Carrier Development Center (CDC) merupakan unit bimbingan karir dan kewirausahaan yang dibentuk oleh Unpad. Unit ini melakukan pelatihan bagi mahasiswa dan alumni Unpad. Layanan yang diberikan berupa bimbingan karir dengan melibatkan psikolog untuk membantu mahasiswa dalam mengambil keputusan karir. Pendaftaran layanan ini mudah karena online di http://cdc.unpad.ac.id/guidance-karir/. Layanan kedua yang diberikan adalah informasi lowongan kerja secara online dan up to date. Sekitar 100 lowongan kerja tercantum di halaman web CDC Unpad.

Sumber Informasi yang Dapat Diakses

Unpad bekerja sama dengan perusahaan penerbitan ternama untuk menyediakan akses paper jurnal hybrid dan gratis bagi mahasiswa S1 antara lain:

  • Taylor dan Francis (Akses Terbuka, Hibrid, dan Cogent)
  • Science Direct.
  • Ebscohost.

Mahasiswa juga dapat mengajukan permohonan artikel closed-access dari Gedung  Perpustakaan Utama Unpad di kampus Jatinangor.

Perpustakaan utama Unpad memuat berbagai sumber informasi terpercaya seperti artikel ilmiah, repositori tesis dan disertasi, buku, sumber web, kumpulan data, laporan, dan artikel media massa. Semua informasi dapat diakses oleh mahasiswa di halaman web Kandaga (https://kandaga.unpad.ac.id).